Minggu, 04 Mei 2014

Pengaruh Perkembangan Game dari Masa ke Masa



RENI MARINTAN DS
55411973
3IA14 -Sofkill
           
            Masih ingatkah anda, permainan apa yang anda lakukan saat masih kanak-kanak ?, mungkin sudah mengenal permainan game tapi belum secanggih seperti zaman sekarang ini ?
Game sangat dekat dengan anak – anak, bukan hanya anak – anak namun  orang dewasa juga mengemari permaian game untuk melepas stres. Game memiliki tipe yang beragam mulai dari tipe yang sederhana hingga permainan yang mengasa otak.
Bisa kita bayangkan bagaimana rasa kebersamaan dan kebahagiaan saat kita masih kecil dulu. Menurut saya, masa kecil saya sangat menyenangkan. Meskipun sudah mengenal game seperti Play Station (PS) tapi komunikasi dengan orang –orang sekitar  masih sangat baik. Kebersamaan masih terjalin erat, contoh permainan waktu saya masih kecil seperti, mian karet, badminton, kelereng, rumah – rumahan  tanah, PS dan yang lainnya. Hal itu sangat menyenangkan karena adanya kebersamaan dan komunikasi.
            Perkembangan teknologi game adalah salah satu bukti perkembangan zaman dan tidak ada salahnya kita mengikuti perkembangannya. Maka dari itu diharapkan pada orangtua untujk tetap mendapingi anak – anaknya. Berikut tampak positif dan negatif game terhadap anak.
Dampak Positif
-          Mengasah otak anak.
-          Membantu perkembangan IQ anak.
-          Membantu menaikan memori pada anak.
Dampak Negatif
-          Anak menjadi lupa waktu.
-          Kurang berkomunikasi dengan oranglain.
-          Sibuk dengan Gadjet dan permain gamenya.

SARAN
            Sebaiknya orangtua mendampingi anak saat bermain game. Seperti mengajari anak untuk disiplin waktu, sehingga ada saat  belajar dan bermain. Tidak ada yang salah dengan permainan game  jika orangtua mengarahkan pada anak  pada game yang mendidik seperti contohnya, permainan  tetris,yang dianggap sebagai batu pondasi untuk perkembangan  IQ karena  dengan bermain game ini membutuhkan ketangkasan keterampilan.


             
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar