Selasa, 15 November 2011

Intraksi Sosial 1-tugas 1

NAMA                : RENI MARINTAN BR. DOLOKSARIBU
NPM                   : 55411973
CLASS                : 1IA05
TUGAS               : KE-1 SOSDAS

INTRAKSI SOSIAL

                Defenisi intraksi social adalah dimana adanya hubungan komunikasi antar individu dengan individu ataupun individu dengan kelompok, selain itu juga terjadinya hubungan timbal balik.
Semua orang membutuhkan intraksi sosial di dalam kehidupannya sehari – hari, dimana terjalinanya hubungan komunikasi dan saling membutuhkan satu sama lain. Adapun jenis – jenis intraksi sosial adalah sebagai berikut :
1.      Hubungan antar individu dengan individu
2.      Hubungan antara individu dengan kelompok
3.      Hubungan antar kelompok dengan kelompok
Syarat – syarat “ terjadinya intraksi sosial ” adalah :
·         Adaanya teman untuk berkomunikasi, baik individu dengan individu maupun kelompok
·         Adanya topik pembicaraan
·         Adanya hubungan timbal - balik antara satu dengan yang lain
Kenapa di dalam intraksi sosial memiliki syarat – syarat seperti yang di atas??? Karena tanpa ada teman sebagai lawan bicara baik individu dengan individu maupun kelompok kita tidak dapat berintraksi dengan baik, selain itu juga dengan terjalinnya hubungan tersebut pastinya terjadi hubungan timbal balik. Adapun contoh – contoh dalam intraksi sosial adalah sebagai berikut:
·         Hubungan intraksi sosial dengan keluarga
Adanya hubungan intraksi sosial dengan keluarga sudah pasti di alami oleh setiap orang, misalnya seorang anak bercerita tentang masalahnya kepada ibunya dan sang ibu merespon serta memberi solusi untuk menyelesaikannya.
·         Hubungan Sosial dengan Masyarakat
Adanya hubungan intraksi social dengan masyarakat contohnya ketua RT mengadakan rapat dengan warga setempat  untuk memberi pengarahan tentang cara bertani dengan baik.
·         Hubungan Intraksi Sosial dengan Pemerintah
Terjalinnya hubungan sosial dengan Pemerintah contohnya Pemerintah mengadakan acara silahturahmi dengan masyarakatnya di tempat tertentu misalnya di Lapangan Terbuka.
Sebenarnya terjalinnya hubungan Intraksi social tidak hanya dapat di lakukan dengan tatap muka namun juga dapat dilakukan melalui  e-mail di mana seiring berkembangannya Teknologi di zaman modren ini.
Apa sebenarnya yang Anda pikirkan tentang Intraksi Sosial ???? apakah Anda pernah berpikir bahwa intraksi social itu memiliki dampak negative ???
Menurut pendapat saya, intraksi social memiliki dampak negative dan posif, dimana dampak negatifnya sebagai berikut :
·         Controhnya anda berintraksi dengan teman anda untuk membicarakan sesuatu, namun tiba – tiba orang yang tidak ada senangi lewat dari depan anda, tanpa di sadari anda dan teman anda menjelek – jelekkan orang yang tidak anda senangi itu.   Hal ini juga salah satu dampak negative intraksi social.
Salah satu contoh dampak positifnya adalah :
·         Contohnya Anda dan teman anda berintraksi melalui e-mail untuk membahas / berdiskusi  tugas sekolah, kuliah, maupun pekerjaan.
Kesimpulannya Intraksi Sosial di butuhkan oleh setiap orang, untuk berkomunikasi atau menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar