Jumat, 25 November 2011

RASA SOSIAL YANG DIMILIKI GADIS KECIL (TULISAN)

Rasa Sosial yang di Miliki Gadis Kecil

Apa yang anda pikirkan tentang seorang anak kecil yang baru duduk di bangku Sekolah Dasar ? kalau berbicara tentang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar kita pasti menganggap mereka tidak dapat melakukan apa yang di lakukan oleh orang dewasa, tapi sebenarnya tanpa kita sadari mereka memiliki rasa sosial yang tinggi seperti gdis kecil yang ada di dalam cerita ini.
            Gadis kecil bernama Reina melihat seorang kakek Tunanetra yang hendak menyebrang jalan, saat itu tidak ada seorang pun yang mau menolong kakek tersebut . kakek yang hanya dibantu dengan tongkatnya itu mencoba untuk menyebrang sendiri, tiba – tiba dengan sepontan gadis kecil yang akrab di sapa rere itu “ tunggu kek….” Teriaknya sembari berlari menghampiri sang kakek, mendengar reina berteriak teman – temannya pun terkejut dan mengikuti reina dari belakang.
”kakek mau kemana ?” Tanya reina 
“ kakek tidak tahu  cu mau pergi kemana, kakek nyasar ?” jawab kakek
Semua orang di sekeliling jalan tersebut hanya diam melihat reina dan kakek tersebut. “ tapi kakek tidak bisa sendiri, dari tadi tidak ada yang mau membantu kakek ?”Tanyanya lagi
“ tidak ada cu”
“ kakek punya anak, kalau punya rumahnya dimana ?”                                                       
“ ini coba lihat cu di kertas ini ada alamat anak saya” kata kakek sembari memberi alamat anaknya
“ kalau begitu biar saya dan teman – teman yang antar kakek ke alamat ini”
            Dari cerita tersebut kesimpulan apa yang dapat anda ambil ? kalau menurut saya rasa social seorang anak sudah tertaman sejak dini hanya saja mereka perlu dibina agar tetap menciptakan rasa social yang baik, dan bertumbuh menjadi anak yang suka membantu orang lain.  Dapat menolong orang lain sangatlah senang rasanya, sesuatu yang diawali dengan kebaikan pastilah menghasilkan kebaikkan juga, sama halnya dengan apa yang dialami gadis kecil rina ini setelah menolong kakek tersebut.
“pak maaf apa kah bapak tahu alamt ini ?” Tanya reina kepada supir anggkot
“ ohh,,,, saya tahu neng, memangnya kenapa ?” Tanya supir anggkot tersebut
“ apa bapak dapat menghantar kakek ini ke alamat itu ?”
“ lho ini kan kakek Tunanetra yang di pinggir jalan tadi “ kata supir anggkot terkejut
“ jadi bapak sudah ketemu kakek ini tadi tapi kenapa bapak tidak menolongnya ?”
“ ya katanya dia tidak punya uang neng untuk bayar angkot”
“ ya ampun pak memangnya berapa sih ongkosnya ?”
“ memangnya neng punya uang ?? ya kalau alamatnya ini sih ongkosnya Rp.10.000”
“ bapak – bapak jadi hanya karena kakek ini tidak punya  uang untuk membayar ongkos jadi bapak tidak mau menolongnya, ini pak saya punya sedikit uang mungkin cukup untuk ongkos kakek “
Supir angkot tersebut terdiam dan tertunduk malu mendengar perkataan  gadis kecil yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar itu, dan akhirnya supir angkot tersebut tidak menerima uang dari reina dan langsung menghantar sang kakek ketempat tujuan.
“ iya neng maaf bapak jadi malu kamu masih kecil saja mau menolong kakek ini, sedangkan saya , tenang aja neng jangan kwatir saya tahu kok alamatnya saya akan antar kakek ini samapai ketujuan”
“ terima kasih ya cu kamu anak yang baik masih kecil tapi kamu memiliki rasa social yang sangat tinggi, saya doakan semoga kamu selalu sukses sekolahnya dan tercapai cita – citanya, hanya Tuhan yang dapat membalas semua kebaikkan mu cu”
“ Terimakasih kek atas doanya, orang tua saya yang selalu mengajarkan saya untuk selalu membantu orang yang sedang kesusahan,”
            Itulah sepenggal cerita tentang gadis kecil yang menolong kakek  Tunanetra,  Reina tersenyum lebar, karena sudah dapat menolong orang lain. Jadi apakan kita bisa seperti gadis kecil tersebut ?”. Membantu sesama itu adalah hal yang sangat indah, namun ada juga orang yang menghiraukan seseorang yang membutuhkan bantuannya seperti supir angkot tadi. Dari cerita ini kita diajarkan untuk bisa saling menolong karena kita adalah manusia yang saling membutuhkan tanpa orang lain kita tidak akan bisa hidup sendiri.
Nama : Reni Marintan Br Doloksaribu
NPM : 55411973
Class : 1IA05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar